ainun najah 'ajib'

ainun najah 'ajib'
my ficture

Sabtu, 20 Maret 2010

Resume Kuliah Profesi Kependidikan

RESUME KULIAH PROFESI KEPENDIDIKAN
Ainun Najah
335083228
Pendidikan Kimia Reguler 2008

16 Februari 2010
Trend Masa Kini dan ke Masa Depan
• Kompetitif : Karena adanya kesenjangan antara demand dan supply, supply lebih tinggi dari demand
• Spesialis : Lebih ahli, dibutuhkan di masa depan dan masyarakat lebih nyaman
• Profesional : menghabiskan sebagian besar waktunya dengan pekerjaannya, dengan professional bisa mendapat penghargaan yang tinggi, belajar dan berlatih tidak hanya sekedar ‘paket’ yang ditentukan tetapi mengembangkan sendiri
• Dinamis : inventing by breaking rules, experimenting by masking mistakes and growing by taking risk
• Adaptif : orang yang bisa maju adalah orang yang bisa beradaptasi

Tuntutan terhadap ‘Kompetensi SDM’
• Pengetahuan global
• Keterampilan global
• Sikap/ perilaku yang dinamis, inisiatif,
• inovatif, dan mandiri

02 Maret 2010
Konsep Dasar Profesi Kependidikan
• Profesi : pekerjaan yang dilakukan oleh pelaku atas dasar suatu ‘janji’ public dan sumpah bahwa mereka akan menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya
Ciri-ciri Profesi :
o Melaksanakan aktivitasnya dalam waktu penuh
o Berdasarkan kepada panggilan hidup, terikat pada norma dan aturan
o Memiliki derajat otonomi tinggi
o Melakukan perbaikan diri secara terus menerus
o Memiliki kode etik
Jabatan Profesi
o Melibatkan kegiatan intelektual
o Menekuni ilmu tertentu
o Didahului persiapan yang lama
o Ada pelatihan jabatan
o Menjanjikan karir permanen bagi pemegangnya
o Mempunyai standar baku tersendiri
o Mementingkan layanan pada masyarakat
o Memiliki organisasi profesi
Tenaga kependidikan
• Anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelengaraan pendidikan
• Melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan
Pendidik
• Tenaga profesional yang merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil, membimbing, menilai hasil, dan membimbing pelatihan serta melakukan penelitian dan pengabdian
Manajemen Mutu Berbasis Sekolah
Latar belakang :
 Pendidikan menghadapi masyarakat yang berubah
 Perubahan sosial-politik dan aspirasi masyarakat
 Perubahan pemerintah
 UU Sisdiknas
MBS adalah bentuk otonomi manajemen pendidikan, kewenangan ada pada kepala sekolah dan guru dibantu komite dalam mengelola kegiatan.
UNDANG-UNDANG SISTEM PRNDIDIKAN NASIONAL
Vokasi merupakan Suatu pendidikan yang lebih spesifik ke dalam keahlian dan kontent lebih banyak kepada keterampilan.
Sistem merupakan Suatu kesatuan yang terdiri dari komponen-komponen dan saling berkesinambungan atau berhubungan.
Dalam bidang pendidikan :
Input ke Proses ke Output
1. Bagian Input, meliputi :
a. Row Input, contohnya siswa.
b. Instrumental input, contohnya :
Pendidik dan tenaga kependidikan,
Kurikulum,
Sarana & Prasarana,
( Saran bisa dilakukan bila didukung oleh prasarana )
Finasial,
Buku.
c. Environmental input,contohnya :
Geografi,
Demografi,
Sosial budaya,
Ekonomi,
Politik.
2. Bagian Output, meliputi :
Output, contohnya mengenai suatu kelulusan atau nilai dalam pelajaran.
Outcome, contohnya seperti kerja (sudah mampu atau ada kemampuan bagi setiap individu untuk bekerja). Outcome lebih bersifat ke dalam Efisiensi Pendidikan.
Proses, contohnya mengenai Perumusan 8 Standar UN dan dalam hal akreditasi.